DOKUMEN

Dokumen adalah sebuah objek yang menyajikan informasi, merupakan wahana wadah pengetahuan dan ingatan manusia, karena dalam dokumen disimpan pengetahuan yang diperoleh manusia serta segala sesuatu yang di ingat manusia.

Ciri dokumen dapat digolongkan menjadi dua kelompok besar. Yaitu :

· Berdasarkan ciri fisik, mencakup tinggi, berat, tata letak, proses pembuatan, frekuensi waktu, dan sejenisnya

· Berdasarkan ciri intelektual.. Ciri intelektual menggunakan criteria seperti tujuan dokumen, isi, subyek, jenis kepengarangan, sumber, metode penyebaran, keaslian karya, ancangan(?), dan lain-lainnya.

Tingkat ketajaman analisis memungkinkan pembaca untuk memilah antara dokumen primer, sekunder, dan tersier.

  • Dokumen primer merupakan dokumen asli yang disiapkan oleh pengarang. Berisi informasi hasil penelitian dan kajian. Termasuk didalamnya adalah majalah ilmiah, disertasi, laporan penelitian, dan sejenisnya.
  • Dokumen sekunder merupakan dokumen yang mengacu ke dokumen primer, disusun berdasarkan dokumen asli. Termasuk didalamnya adalah bibliografi, catalog, bulletin indeks, abstrak dan daftar isi.
  • Dokumen tersier dibuat berdasarkan dokumen primer dan atau sekunder. Dokumen tersier mengumpulkan, menyarikan, dan memindahkan informasi semula, untuk di olah kembali sesuai dengan kebutuhan public. Yang termasuk dokumen tersier adalah sintesis, tinjauan, dan state-of-the-art (the highest level of development, as of a device, technique, or scientific field, achieved at a particular time)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s